1 .ISD dan pengetahuan sosial dibedakan keduanya dalam
hal orientasi atas pendekatan yang dilakukan. Beda keduanya adalah .......
a.
isd berorientasi materi, pengetahuna sosial berorientasi multidisiplin
b.
isd berorientasi materi, pengetahuan sosial berorientasi inter disiplin
c.
isd berorientasi inter disiplin, pengetahuan sosial berorientasi praktis
d. isd berorientasi inter disiplim, pengetahuan sosial berorientasi materi
e.
isd berorientasi praktis, pengetahuan sosial berorientasi materi
2. Lulusan perguruan tinggi perlu memiliki wawasan yang
tidak terbatas pada bidang keahliannya. ISD adalah bagian dari program mata
kuliah dasar umum untuk membawa mahasiswa agar ......
a.
memiliki keahlian beragam menghadapi persaingan dunia kerja
b.
menyadari posisinya sebagai calon pemimpin masa depan
c. peka,terbuka, dan ada rasa tanggungjawab terhadap masalah
sekitar
d.
selalu mengikuti perkembangan masalah – masalah masyarakat
e.
memiliki kemampuan tinggi dalam profesiny
3. Mata
kuliah pengantar ilmu sosial bersifat .......
a. memberi arahan penekanan materi seluruh ilmu-ilmu
sosial
b.
memberi arahan penekanan secara global dan tidak mendalam
c.
memberi arahan penekanan pada subyek oriented menuju specialisasi
d.
memberi penekanan mataeri ilmu sosial secara terperinci
4. Latar
belakang diberikannya ISD pada prinsipnya adalah menghindari .....
a.
anggapan bahwa sistem pendidikan kita hanya mementingkan sosial science
b.
kritik terhadap sistem pendidikan kita oleh sejumlah cendikiawan
c. anggapan bahwa sistem pendidikan kita tidak berbau
kolonial
d.
a, b dan c benar
5. Ilmu
sosial dasar adalah .....
a.
ilmu yang membahan mengenai masalaha sosial dalam kehidupan masyarakat
b.
ilmu yang memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral
c.
tujuan pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi
d. pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang
menggunakan pengertian-pengertian ( fakta, teori, konsep) berasal dari berbagai
bidang pengetahuan keahian
6. Tenaga
ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga ketrampilan
yang tidak termasuk kedalam kemampuan ini adalah .......
a.
personal c. likwidasi
b.
akademis d.
professional
7. ISD termasuk program pendidikan umu
( MKDU ) , tujuan dari MKDU adalah untuk ......
a. memperluas cakrawala perhatian dan pengetahuan para
mahasiswa sehingga tidak
terbatas pada bidang pengetahuan
keahlian golongan asal masing-masing
b.
memberi pemahaman kepada mahasiswa sebagai layaknya mata kuliah lain yang
diberikan
c.
mengantarkan mahasiswa agar menjauhi masalah-masalah sosial
d.
a, b dan c benar
8.Profesional adalah kemampuan dalam
bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan,
maksudnya adalah ......
a.
para tenaga ahli diharapkan mempunyai pandangan yang luas
b.
peka terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia
c. para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan
yang tinggi dalam bidang profesi
d.
a, b dan c benar
9. Salah
satu definisi ISD adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan,
sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah
sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Dari pernyataan itu maka ISD
itu bersifat ......
a.
subject-oriented c. problem-oriented
b.
object-oriented d.
humanties
10. Ilmu pengetahuan sosial ( IPS )
merupakan ......
a.
ilmu yang mempelajari manusia dan interaksinya
b. bidang studi yagn merupakan paduan dari sejumlah mata
pelajaran sosial
c.
suatu program pelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi
d.
a, b dan c benar
11.
Filsafat
merupakan sumber ilmu pengeatahuan alam maupun sosial. Hakekat dari ilmu
filsafat adalah mempersoalkan ......
a.
asal-usul ilmu pengetahuan
b. hidup dan kehidupan manusia didunia
c.
rasa ingin tahu manusia mengenai dunia
d.
pencabangan ilmu pengetahuan
e.penelaahan
alam sekitar dan perkembangannya
12. Menghadapi era globalisasi, lulusan perguruan tinggi
dituntut kualitasnya secara memadai. Kualitas tersebut harus terlihat dengan
diperolehnya pengetahuan, sikap, tingkah laku dan tindakan sebagai cerminan
kepribadian Indoensia. Perolehan-perolehan ini adalah merupakan sebgaian dari
kemampuan .......
a. personal
b.
profesonal
c.
akademik
d.
manajerial
e.
vokasional
13. Paradigma definisi sosial memusatkan kepada antara lain ?
a. aksi dan interaksi sosial
b. aksi saja
c. interaksi saja
d. a.b.c.d benar
14. Angkatan muda harus larut dalam arus utama pembangunan . hal ini jelas menjai tantangan bagi ?
a. Generasi muda
b. angkatan 45 dan 66
c. Seluruh rakyat indonesia
d. a,b,c benar
15. Kedaulatan adalah ?
a. Hak rakyat untuk melaksanakan kekuasaan yang tertinggi
b. hak negara untuk melaksanakan kekuasaan tertinggi
c. a,b benar
d. a,b salah
16. Aktivitas aktivitas antara lain , saling menegur , berjabat tangan , saling berbicara bahkan berkelahi termasuk ?
a. aktivitas sosial
b. interaksi sosial
c. a,b betul
d. a,b,c salah
17. Suatu proses interaksi dapat berlangsung didasarkan pada berbagai faktor antara lain ?
a. Faktor mutasi
b. Faktor Sugesti
c. Faktor identifikasi dan simpati
d. a,b,c benar
18. Ada beberapa kriteria tradisional tentang pengertian kelas ditinjau secara mendalam antara lain
a. besarnya atau ukuran jumlah anggota anggotanya
b. kelenggangan
c. antagonisme tertentu
d. a,b,c benar
19. Life CHANGE ( Fasilitas hidup tertentu ) bagi warga warganya yaitu misalnya ?
a. keselamatan hidup dan harta benda
b. kebebasan
c. Standar hidup yang tinggi
d. a,b,c benar
20 . Ada beberapa istilah tentang kesadaran dan konsepsi tentang seluruh susunan pelapisan dalam masyarakat . untuk Commoners dan nobility adalah istilah yang iberikan oleh masyarakat
a. inggris
b. Amerika serikat
c. Australia
d. Perancis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar